mengindikasi perangkat keras smartphote

Isi 
→Review HP Realme 5i
→spesifikasi:→prosesor, ram, camera, dll
                            chipset
Empat Kamera Belakang
realme 5i
*
Kamera belakang Realme 5i serupa dengan Realme 5i, bahkan cenderung identik dengan empat kameranya. Jenis lensa yang digunakan juga serupa. Hal ini sebenarnya menunjukan kalau kualitas kamera Realme 5i pada dasarnya tidak berbeda jauh dengan Realme 5.

Realme 5 datang dengan empat kamera belakang. Kamera pertama adalah kamera 12 MP dengan bukaan f/1.8 yang sudah mendukung PDAF. Kamera kedua adalah kamera ultra-wide 8 MP yang memiliki bukaan f/2.2. Kamera ketiga adalah kamera makro 2 MP. Dan kamera keempat adalah kamera 2 MP untuk memberikan efek bokeh.

Realme 5i datang dengan empat kamera belakang. Kamera utamanya adalah kamera 12 MP dengan bukaan f/1.8 yang sudah mendukung PDAF. Kamera kedua adalah kamera ultra-wide 8 MP yang memiliki bukaan f/2.3. Kamera ketiga adalah kamera makro 2 MP. Dan kamera keempat adalah kamera 2 MP untuk efek bokeh.

Dari data di atas, tampak kalau perbedaan hanya pada ukuran bukaan kamera di kamera ultra-wide. Terlihat kalau Realme 5 memiliki kamera ultra-wide dengan bukaan yang lebih besar, yakni f/2.2. Sementara Realme 5i hadir dengan kamera ultra-wide dengan bukaan f/2.3.Kamera Depan Lumayan di Kelasnya
Realme 5i
Pembeda paling jelas, Realme 5i dan Realme 5 ada pada bagian kamera depan. Kamera depannya menawarkan konsep notch yang sama. Hanya saja Realme 5i hanya menawarkan kamera 8 MP. Sementara kamera pada Realme 5 adalah 13 MP.

Pada kenyataannya, kamera pada Realme 5 sebenarnya adalah 8 MP. Hal ini terbukti dari informasi detail ukuran piksel dari foto hasil kamera depan. Lalu bagaimana dengan kualitas kamera depan dari Realme 5i?

Menurut situs Hungrygeeks, kamera depan Realme 5i dapat menangkap selfie dengan natural. Meskipun, hasilnya tidak setajam kamera depan Realme 5. Hal ini membuktikan kalau kamera depan ponsel ini mengalami penurunan "kemampuan".

Lalu, mengapa dimasukan ke dalam kelebihan? Hal ini berhubungan dengan harga. Realme 5i dibanderol dengan harga yang lebih murah dibandingkan Realme 5. Di toko online, Realme 5i dijual di kisaran Rp1,8 jutaan untuk varian RAM 4 GB. Di kelas harganya, jelas kamera selfie ini tergolong masih lumayan.


→kelebihan dan kekurangan 
Kelebihan Realme 5i
Ada beberapa poin kelebihan yang ada di Realme 5i. Apa sajakah kelebihan tersebut? Simak poin-poinnya berikut ini!

1. Plastik Tapi Memiliki Desain yang Bagus
Realme 5i
Realme 5i datang dengan bobot 195 gram dengan dimensi 164,4 x 75 x 9,3 mm. Ukuran ini cenderung mirip dengan Realme 5 yang menawarkan bobot 198 gram dengan dimensi 164.4 x 75.6 x 9.3 mm. Tidak aneh memang karena Realme 5i memiliki bentuk yang cenderung identik dengan Realme 5.

Bedanya, Realme 5 datang dengan desain yang tampak mewah. Sementara Realme 5i datang dengan desain yang cenderung biasa, terkesan murah, dan sangat terlihat kalau bodi ponsel ini terbuat dari plastik. Meskipun Realme 5 sendiri terbuat dari plastik.

Hanya saja meski terlihat plastik, desain dari Realme 5i cukup menarik. Desainnya tergolong bagus karena pada kondisi tertentu, desain belakang Realme 5i dapat menampilkan pola matahari terbit. Realme sendiri menyebut desain Realme 5i ini sebagai Real Craftsmanship.
. Tahan Percikan Air
realme 5i
Realme 5i masih mempertahankan fitur yang juga dimiliki oleh Realme 5, yakni fitur ketahanan terhadap percikan air atau cipratan air. Dengan teknologi ini, tentu Realme 5 menjadi menarik karena di kelas harganya, kehadiran fitur tahan cipratan air menjadi satu daya tarik tersendiri.Snapdragon 665

Realme 5i datang dengan chipset Snapdragon 665, yang merupakan penerus dari Snapdragon 660. Chipset Snapdragon 665 ini hadir dengan delapan prosesor alias octa core dengan rincian Kryo 260 Gold quad core 2.0 GHz untuk performa dan Kryo 260 Silver quad core 1.8 GHz untuk efisiensi daya. Sementara untuk pengolah grafisnya, tersemat GPU Adreno 610.7. Kualitas Suara yang Bagus
realme 5i
*
Realme 5i ternyata memiliki kualitas audio yang baik. Seperti yang diungkapkan oleh Gizmologi, bahwa Realme 5i ini sudah dibekali dengan teknologi untuk mengoptimalkan hasil suara dari speakernya. Teknologi ini adalah teknologi Dirac Power Sound bersama dengan Dirac Research AB. Teknologi ini ternyata mampu menghasilkan kualitas suara.

kekurangan
Tidak Fast Charging
realme 5i
Sama kasusnya dengan Realme 5, Realme 5i juga tidak dibekali dengan teknologi pengisian cepat. Tentu hal ini berpengaruh pada lamanya pengisian daya di ponsel ini. Seperti kata GadgetsNDTV, lamanya pengisian daya ponsel ini adalah lebih dari dua jam. Yugatech juga mencatat kalau waktu pengisian daya ponsel ini mencapai 2 jam 30 menit.

3. Tidak Memakai USB Type-C
realme 5i
*
Satu kekurangan lain dari Realme 5i adalah masih tidak didukungnya USB Type-C. Hal yang sebenarnya cukup wajar mengingat banyak ponsel lain di kelas harga yang sama juga tidak menawarkan USB Type-C. Hanya saja, di kelas harga ini, ada Redmi 8 yang menawarkan port USB Type-C.

Postingan populer dari blog ini